Tuesday, January 10, 2023

Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector Parah

Simak beberapa langkah dibawah ini. Aplikasi ini akan berjalan sesuai dengan nomo seri hard disk 541DX Maxtor. Proses yang dilakukan akan berjalan otomatis dimulai dengan pendeteksian penyebab kesalahan sistem yang terjadi. Setelah itu, Aplikasi tersebut akan memperbaiki kesalahan hingga Hard disk bisa digunakan secara normal seperti sediakala. Aplikasi utnuk memperbaiki hardisk rusak atau bad sector yang kedua adalah HardDisk Drive Low Level Format Tool. Berbeda dengan yang pertama, sebelum menggunakan aplikasi ini kalian harus terlebih dahulu melakukan pembackupan terhadap file-file yang dirasa penting, karena cara kerja aplikasi satu ini akan membersihkan harddisk secara totoal seperti semula. Jika aplikasi yang kedua tadi bekerja dengan menghapus semua data, nah yang ketiga atau yang terkahir dalam daftar ini berbeda.; Justru sebaliknya Software recovery ini akan membantu sobat mengembalikan file-file dari dalam hard disk yang terhapus, terformat secara tak disenaja, dan perma salahan lainnya yang menyebabkan beberapa file penting hilang dari dalam penyimpanan. Salah satu software recovery yang bisa sobat gunakan contoh salah satunya adalah Recuva. Namun setelah ketiga langkah diatas tidak berhasil dalam memperbaiki hard disk bad sector sobat, berarti kerusakan terjadi pada bagian hardware nya, tentu saja untuk kerusakan hardware, sobat harus menyerahkan kepada ahlinya untuk diperbaiki. Nah, itulah tadi beberapa tips dari kami tentang Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector. Sebelum kalian membawa hard disk ke tempat service, atau mungkin sebelum kalian mentelantarkan perangkat penyimpanan data di komputer tersebut, silahkan Coba dulu Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector, siapa tau hard disk klaian bisa sembuh seperti semula.

Membuat Partisi Hard Disk dapat dilakukan dengan sangat mudah di Windows. Setelah anda membuka Disk Management, lihat gambar di atas. Di sana ada daftar partisi yang sudah ada di komputer anda, pada kompute r saya ada 3 partisi. Yaitu C, Data (E) dan Windows 8 (B). Sebenarnya, membuat partisi baru itu sama saja dengan memecah sebuah partisi (Splitting Partition) yang sudah ada. Partisi D (Kapasitas 150 GB) ingin kita pecah, menjadi D (Kapasitas 100 GB) dan F (Kapasitas 50 GB). Jadi, anda perlu menentukan partisi mana yang akan anda ambil kapasitasnya untuk dibagi dan dibuat menjadi partisi baru. Ketika sudah, klik "Shrink". Maka akan muncul kotak baru dengan warna hijau. Hijau menandakan bahwa partisi tersebut adalah partisi kosong yang masih belum bisa digunakan. NTFS itu bisa terbaca di Windows maupun Linux. Kalau FAT32 hanya bisa di Windows. Untuk menggabung sebuah Hard Disk, langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah memformat partisi anda (Membuatnya hijau lagi) lalu menggabungkannya dengan partisi yang lain. Catatan: Untuk memformat sebuah partisi, semua konten/isi yang ada di dalam partisi tersebut akan hilang. Maka dari itu, pindahkan dulu semua isinya ke partisi lain yang ingin kita gabungkan. Seperti yang saya bilang, pertama-tama anda harus memformat sebuah partisi terlebih dahulu. Dengan begitu, volume/partisi yang anda delete akan berubah kembali menjadi hijau. Nah, pada partisi yang anda ingin gabungkan dengan partisi "hijau" anda. Selamat mengubah partisi anda. Kalau ada yang nggak tau, komentar aja. Insya Alloh saya jawab kalau bisa.

Bingung cara membersihkan disk? Tekan aja Windows terus ketik Disk Cleanup. Ini adalah sebuah software bawaan Windows yang bisa menemukan file-file sampah kayak installer yang nggak terpakai, offline page, dan lainnya. Bersihkan juga masing-masing file yang nggak terpakai dari Recycle Bin. Selanjutnya, aktifkan juga auto defrag. Kalau nggak, kamu bisa langsung mengaktifkannya dari menu Optimze Drives. Kecuali kalau system utama kamu udah pakai SD, maka Defrag ini nggak perlu kamu lakukan. Cara terakhir untuk membersihkan Disk secara reguler adalah dengan mengaktifkan Storage Sense. Fungsinya nggak lain a dalah untuk menghapus data yang nggak terpakai dan data yang ada di Recycle Bin. Nggak cuman Wi-Fi yang nggak bisa connect aja ya yang butuh Troubleshooter. Kecepatan dan system kamu juga butuh banget yang namanya Troubleshooter. Coba deh buka Control Panel terus ketik Troubleshooter. Pilih menu System and Security, dan jalankan troubleshooter itu. Nantinya, system Troubleshooter akan menemukan apa-apa aja yang bikin laptop lemot. Kita sarankan juga buat coba menu lainnya kayak Hardware and Devices, Search and Indexing hingga Windows Store ya.

Gookalian berbagi untuk sobat cara mengatasi laptop lemot Windows 10, sebagai sistem operasi yang tergolong paling update. Penyebab lemot ini juga cukup beragam. Ada yang caranya berhubungan dengan software, dan sebagian dibutuhkan penggantian hardware. Usaha-usaha untuk mengatasi masalah lemot pada Windows 10, bisa sobat coba sendiri maupun menggunakan jasa tukang servis komputer atau laptop. Lalu apa saja yang perlu dilakukan? Sistem o perasi Windows 10 cukup berbeda jika dibandingkan versi terdahulu seperti Windows 7, 8 maupun 8.1 sebelumnya. Semakin baru artinya keamanan semakin ditingkatkan. Semakin baru maka spesifikasi yang dibutuhkan juga meningkat. Sejalan dengan perkembangan kemampuan teknologi yang terbaru. Pantas saja, jika sebelumnya menggunakan Windows 7 kemudian upgrade ke Windows 10. Laptop atau komputer bisa jadi tambah lemot. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lemot Windows 10 tersebut? Solid State Drive merupakan komponen wajib jika sobat menggunakan sistem operasi Windows 10. Ini merupakan yang paling utama untuk mengatasi proses lemot. Karena proses Booting atau menghidupkan komputer Windows 10 dengan HDD (Hardisk) biasa sudah termasuk lemot.

Apabila anda tidak terlalu membutuhkan perangkat ini, tidak terlalu masalah apabila anda ingin membeli ultraportable laptop. Karena masih ada external drive yang dapat mensupport ultraportable laptop dalam hal tersebut. Juga yang perlu anda perhatik an bukan hanya pada berat laptop, namun juga berat AC adapter, extra battery, external modul, dan kabelnya. Karena pada kenyataannya anda tidak mungkin membawa laptop berpergian tanpa sebagian dari perangkat-perangkat tersebut. Beberapa laptop mempunyai full set port yang memenuhi setiap inci bagian tepi laptop. Serial port yang saat ini sudah jarang terpakai adalah PS/2 port (untuk mouse atau keyboard) dan infrared ports. Kebanyakan laptop sekarang mempunyai banyak parallel port dan sebuah PC Card slot, juga kadang terdapat ExpressCard slot juga. Sebagian besar laptop harus memiliki sedikitnya dua buah port USB, walaupun ada yang menyediakan empat buah, bahkan sampai enam buah port USB. Tidak hanya itu, kini laptop hampir semuanya mempunyai FireWire (IEEE 1394) port untuk mengkoneksikan dengan external drive maupun digital-video camcorder.

No comments:

Post a Comment